Senin, 06 April 2015

Tanggapan Video


Nama               : Mei Wahyuni
NIM                : `14712259010
PRODI            : DIKDAS P2TK
1.    Komentar
Ketika menggunakan team teaching maka kebutuhan murid akan semakin cepat tertanggapi. Dari dua guru yang terlihat tampak kerja sama yang baik antara keduanya. Alat peraga yang mereka gunakan justru dari bahan yang sederhana namun tetap menarik perhatian siswa. Kedua guru tampak bekerja sama berkelililing memberikan bimbingan pada siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan adalah mengenai perkalian. Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Sehingga tampak sekali mereka menjadi terbiasa menyampaikan pendapatnya. Pada pembelajaran yang terlihat di video, perkalian diajarkan dari bilangan yang lebih kecil dilanjutkan ke bilangan yang lebih besar. Siswa mencoba menemukan sendiri jawabannya dengan berdiskusi terlebih dahulu dengan teman satu kelompok kemudian menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
2.    Pertanyaan
a.       Bagaimana agar kita memiliki banyak ide dalam pembuatan media pembelajaran yang bermakna dan menarik bagi siswa?
b.      Bagaimana caranya ketika kita akan menerapkan team teaching, padahal jumlah guru di sekolah masih kurang?
3.    Kelebihan dan kekurangan metode dan perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya praktekkan, dan seberapa jauh saya belajar dari PBM yang tertuang dalam video untuk mempengaruhi dan memperbaiki praktek pembelajaran saya?
Sejauh dan selama ini saya laksanakan dalam pembelajaran di kelas saya pernah menggunakan berbagai media mulai dari yang berbasis IT maupun yang saya buat sendiri menggunakan kertas atau pun media yang lain. Biasanya saya sesuaikan dengan materi yang akan saya sampaikan. Misalnya saya menggunakan video pada mata pelajaran IPA materi peredaran darah untuk lebih memudahkan pemahamanan siswa. Pada mata pelajaran Matematika misalnya pada materi simetri putar maka saya membuat media dari kertas karton dsb.
Namun beberapa yang pernah saya berikan pada siswa saya merasa masih banyak kekurangannya. Terkadang masih sulit menemukan ide media pembelajaran yang menarik siswa. Saya juga kesulitan mencari variasi media pembelajaran. Setelah melihat video tersebut saya menyadari kekurangan media pembelajaran yang selama ini saya buat yaitu kurang mengajak siswa untuk aktif. Melihat video tersebut ternyata media juga sebaiknya dapat menarik minat siswa untuk aktif, padahal media yang dibuat sangat sederhana namun ternyata seluruh siswa dapat ikut aktif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru melalui media kertas tersebut. Dalam video siswa juga mau untuk berdiskusi dengan teman satu kelompok.
Dari video tersebut saya juga belajar bagaimana sebaiknya media dibuat dan desain pembealajarannya pun dapat mengaktifkan siswa untuk mau belajar dan berdiskusi dalam kelompok serta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Melalui perkuliahan ini benar-benar membuka mata saya akan kekurangan saya selama ini, semoga ke depan ketika saatnya telah terjun kembali ke sekolah semoga dapat memberikkan yang baru, bermakna dan menarik bagi siswa. Sehingga sekolah dapat menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Namun untuk pelaksanakan team teaching di kelas kelihatannya masih sulit untuik sekolah saya, mengingat jumlah guru yang masih terbatas di sekolah saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar