Nama : Mei Wahyuni
NIM : `14712259010
PRODI : DIKDAS P2TK
1. Komentar
Ketika
menggunakan team teaching maka kebutuhan murid akan semakin cepat tertanggapi.
Dari dua guru yang terlihat tampak kerja sama yang baik antara keduanya. Alat
peraga yang mereka gunakan justru dari bahan yang sederhana namun tetap menarik
perhatian siswa. Kedua guru tampak bekerja sama berkelililing memberikan
bimbingan pada siswa. Pembelajaran yang dilaksanakan adalah mengenai perkalian.
Siswa diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapatnya. Sehingga tampak sekali
mereka menjadi terbiasa menyampaikan pendapatnya. Pada pembelajaran yang
terlihat di video, perkalian diajarkan dari bilangan yang lebih kecil
dilanjutkan ke bilangan yang lebih besar. Siswa mencoba menemukan sendiri jawabannya
dengan berdiskusi terlebih dahulu dengan teman satu kelompok kemudian
menyampaikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
2. Pertanyaan
a. Bagaimana
agar kita memiliki banyak ide dalam pembuatan media pembelajaran yang bermakna
dan menarik bagi siswa?
b. Bagaimana
caranya ketika kita akan menerapkan team teaching, padahal jumlah guru di
sekolah masih kurang?
3. Kelebihan
dan kekurangan metode dan perangkat pembelajaran lainnya yang selama ini saya
praktekkan, dan seberapa jauh saya belajar dari PBM yang tertuang dalam video
untuk mempengaruhi dan memperbaiki praktek pembelajaran saya?
Sejauh
dan selama ini saya laksanakan dalam pembelajaran di kelas saya pernah
menggunakan berbagai media mulai dari yang berbasis IT maupun yang saya buat
sendiri menggunakan kertas atau pun media yang lain. Biasanya saya sesuaikan
dengan materi yang akan saya sampaikan. Misalnya saya menggunakan video pada
mata pelajaran IPA materi peredaran darah untuk lebih memudahkan pemahamanan
siswa. Pada mata pelajaran Matematika misalnya pada materi simetri putar maka
saya membuat media dari kertas karton dsb.
Namun
beberapa yang pernah saya berikan pada siswa saya merasa masih banyak
kekurangannya. Terkadang masih sulit menemukan ide media pembelajaran yang
menarik siswa. Saya juga kesulitan mencari variasi media pembelajaran. Setelah
melihat video tersebut saya menyadari kekurangan media pembelajaran yang selama
ini saya buat yaitu kurang mengajak siswa untuk aktif. Melihat video tersebut
ternyata media juga sebaiknya dapat menarik minat siswa untuk aktif, padahal
media yang dibuat sangat sederhana namun ternyata seluruh siswa dapat ikut
aktif dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru melalui media kertas
tersebut. Dalam video siswa juga mau untuk berdiskusi dengan teman satu
kelompok.
Dari
video tersebut saya juga belajar bagaimana sebaiknya media dibuat dan desain
pembealajarannya pun dapat mengaktifkan siswa untuk mau belajar dan berdiskusi
dalam kelompok serta menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. Melalui
perkuliahan ini benar-benar membuka mata saya akan kekurangan saya selama ini,
semoga ke depan ketika saatnya telah terjun kembali ke sekolah semoga dapat
memberikkan yang baru, bermakna dan menarik bagi siswa. Sehingga sekolah dapat
menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa. Namun untuk pelaksanakan team
teaching di kelas kelihatannya masih sulit untuik sekolah saya, mengingat
jumlah guru yang masih terbatas di sekolah saya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar